Perbedaan Gula Aren Dan Gula Merah

 Bentuknya yang mirip membuat banyak orang mengira gula aren dan gula merah itu sama. Meski kedua jenis gula ini memiliki banyak perbedaan, lo! Apa perbedaan gula aren dan gula merah? Meaningful Gift Ideas

Gula merupakan salah satu bahan yang harus dimiliki setiap orang. Rasanya yang manis bisa membuat makanan terasa lebih enak. Namun, beberapa jenis gula terlihat serupa, sehingga orang bingung bagaimana membedakannya.

Jenis gula tersebut adalah gula merah dan gula aren. Meski kedua jenis gula ini memiliki banyak perbedaan, lo! Simak apa saja perbedaan gula aren dan gula merah di sini jadi kamu bisa membedakan dua bentuk gula yang mirip ini!

Yang paling membedakan gula aren dan gula merah adalah bahan pembuatannya. Gula merah terbuat dari nira aren atau nira kelapa yang telah direbus cukup lama.

Proses perebusan dilakukan cukup lama agar sari pohon kelapa berubah menjadi karamel. Karamel kemudian dicetak dari pohon palem atau batang kelapa. Hasilnya berupa gula merah yang biasa Anda temukan di pasaran. Gula merah mengandung vitamin C, fosfor, kalium, dan zat besi yang baik dan sehat untuk tubuh.

Rebusan nira tersebut kemudian dibubuhi batok kelapa. Gula aren sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes karena tidak mengandung insulin dan kandungan kaliumnya jauh lebih tinggi dibandingkan gula lainnya.

Anda juga bisa membedakan gula aren dan gula merah dari warnanya. Warna gula aren dan gula merah berbeda karena kedua gula ini terbuat dari bahan yang berbeda.

Gula aren terlihat lebih ringan dari gula merah dan jauh lebih kekuningan dan berwarna kemerahan. Sedangkan gula merah terlihat lebih gelap dan mendekati coklat.

Meski rasanya hampir sama, banyak yang bilang kalau gula aren rasanya jauh lebih legit dibanding merah. Aroma nira pada gula aren lebih kuat dan lebih menyengat dibanding gula merah. Hal ini membuat rasa dan aroma gula aren jauh lebih unik dibandingkan gula merah.

Karena aroma dan rasanya yang unik, gula aren paling sering digunakan dalam campuran minuman. Beberapa minuman yang dibuat dengan gula aren antara lain es cendol, es cincau, ronde de wedang, dan kolak pisang. Saat dicampur dengan air kelapa atau santan, gula aren akan mengeluarkan warna yang indah dan membuat minuman terlihat lebih enak. Sedangkan gula merah lebih banyak digunakan dalam bahan campuran makanan.

Beberapa makanan yang dibuat dengan gula merah antara lain kue klepon, bumbu rujak, atau semur.

Tekstur fisik antara gula aren dan gula merah juga cukup berbeda. Ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah membedakan antara kedua gula ini. Gula aren cenderung memiliki tekstur fisik yang lebih halus dan rasa yang lebih manis. Sedangkan gula merah memiliki tekstur yang lebih keras dari gula aren dan rasa yang tidak terlalu manis. Celebrate Friendship Day

Popular posts from this blog

Dianggap Rugikan Karyawan, Serikat Pekerja Pertamina Gugat Erick Thohir